Sabtu, 23 Maret 2013

Analisa Dan Desain Dengan Menggunakan Obyek Oriented (OOAD



Analisa Dan Desain Dengan
Menggunakan Obyek Oriented
(OOAD)

Dalam mempelajari analisa dan desain dengan menggunakan objek orientasi (OOAD) kita harus mengerti dulu apa itu OOAD (Object Oriented Analysis and Design)?

OOAD adalah metode analisis yang memerikasa requirements dari sudut pandang kelas kelas dan objek yang ditemui dalam ruang lingkup permasalahan yang mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi objek-objek system atau subsistem.

Dalam tugas ini saya mengambil materi dari 3 referensi, menurut mereka :

Konsep OOAD mencakup analisis dan desain sebuah sistem dengan pendekatan objek, yaitu analisis berorientasi objek (OOA) dan desain berorientasi objek (OOD).

  • OOA adalah metode analisis yang memeriksa requirement (syarat/keperluan) yang harus dipenuhi sebuah sistem dari sudut pandang kelas-kelas dan objek-objek yang ditemui dalam suatu permasalahan.
  • OOD adalah metode untuk mengarahkan arsitektur software yang didasarkan pada manipulasi objek-objek sistem atau subsistem.
Beberapa konsep dalam OOAD :
  • Objek (object)                                                                                                                   
  Objek adalah benda secara fisik dan konseptual yang ada di sekitar kita. Sebuah objek memiliki        
  keadaan sesaat yang disebut state (attribute). 
  Sebagai contoh Attribute (State) dari pesawat adalah nama pesawat, tipe, warna, tahun produksi,
  roda, dll. Sedangkan Behavior dari pesawat adalah cara menghidupkan mesin, cara menerbangkan
  pesawat (take off), cara menurunkan pesawat (landing), dll.

  •  Kelas (class)
  Kelas merupakan gambaran sekumpulan Objek yang terbagi dalam atribut, operasi, metode, 
  hubungan, dan makna yang sama.
  Contoh pesawat Boeing 737 dibuat dengan rancangan yang sama, rancangan pesawat ini disebut 
  kelas. Hasil rancangan itu menjadi pesawat Boeing 737 yang disebut objek. Pesawat-pesawat hasil 
  rancangan tadi bisa memiliki warna, nama yang berbeda-beda tergantung perusahaan 
  penerbangannya. Disini jelas bahwa objek memiliki sifat independen. Objek adalah instance dari 
  kelas, satu kelas bisa memiliki beberapa objek. 
  • Kotak Hitam (black boxes)
  Sebuah objek adalah kotak hitam. Konsep ini menjadi dasar implementasi objek. Dalam 
  operasi OO hanya developer yang dapat memahami detail proses yang ada didalam kotak tersebut, 
  sedangkan user tidak perlu mengetahui apa yang dilakukan yang penting mereka dapat  
  menggunakan objek untuk memproses kebutuhan mereka. Kotak hitam berisi kode dan data.
  •   Asosiasi dan Agregasi
  Asosiasi adalah hubungan yang mempunyai makna antara sejumlah objek. Asosiasi              
  digambarkan dengan sebuah garis penghubung diantara objeknya. Contohnya : Asosiasi   karyawan 
  dengan unit kerja. Setiap karyawan bekerja di satu unit kerja, sedangkan unit kerja dapat memiliki 
  beberapa karyawan.
  Agregasi adalah bentuk khusus sebuah asosiasi yang menggambarkan seluruh bagian pada suatu  
  objek merupakan bagian dari objek yang lain. Contohnya : Kopling dan piston adalah bagian dari 
  mesin, sedangkan mesin, roda, body merupakan bagian dari sebuah mobil.

Metodologi dalam OOAD
 
Metodologi adalah cara systematis untuk mengerjakan analisys and design. Dengan metodologi, pihak yang membangun system software dapat merencanakan dan mengulangi pekerjaan dilain waktu. Metodologi juga menghilangkan perbedaan notasi untuk suatu hal yang sama karena setiap orang akan berbicara dalam bahasa yang sama.
Metodologi pengembangan sistem berorientasi objek mempunyai tiga karakteristik utama  yaitu :
  • Encapsulation (Pengkapsulan)
Encapsulation merupakan dasar untuk pembatasan ruang lingkup program terhadap data yang diproses. Data dan prosedur atau fungsi dikemas bersama-sama dalam suatu objek, sehingga prosedur atau fungsi lain dari luar tidak dapat mengaksesnya. Data terlindung dari prosedur atau objek lain, kecuali prosedur yang berada dalam objek itu sendiri.

  • Inheritance (Pewarisan)
Inheritance adalah teknik yang menyatakan bahwa anak dari objek akan mewarisi data/atribut dan metode dari induknya langsung. Atribut dan metode dari objek dari objek induk diturunkan kepada anak objek, demikian seterusnya. Inheritance mempunyai arti bahwa atribut dan operasi yang dimiliki bersama di anatara kelas yang mempunyai hubungan secara hirarki. Suatu kelas dapat ditentukan secara umum, kemudian ditentukan spesifik menjadi subkelas. Setiap subkelas mempunyai hubungan atau mewarisi semua sifat yang dimiliki oleh kelas induknya, dan ditambah dengan sifat unik yang dimilikinya. Kelas Objek dapat didefinisikan atribut dan service dari kelas Objek lainnya. Inheritance menggambarkan generalisasi sebuah kelas.

  •  Polymorphism (Polimorfisme)
Polimorfisme yaitu konsep yang menyatakan bahwa seuatu yang sama dapat mempunyai bentuk dan perilaku berbeda. Polimorfisme mempunyai arti bahwa operasi yang sama mungkin mempunyai perbedaan dalam kelas yang berbeda. Kemampuan objek-objek yang berbeda untuk melakukan metode yang pantas dalam merespon message yang sama.
Seleksi dari metode yang sesuai bergantung pada kelas yang seharusnya menciptakan Objek.



Teknik Pemodelan dalam OOAD
  •  Model Objek
Model objek menggambarkan struktur statis dari suatu objek dalam sistem dan relasinya
yang berisikan diagram objek. Diagram objek adalah graph dimana nodenya adalah kelas yang       mempunyai relasi antar kelas.    

  •  Model Dinamik
Model dinamik menggambarkan aspek dari sistem yang berubah setiap saat. Dipergunakan untuk menyatakan aspek kontrol dari system yang berisikan state diagram. State diagram adalah graph dimana nodenya adalah state dan arc adalah transisi antara state yang disebabkan oleh event.

  • Model Fungsional
Model fungsional menggambrakan transformasi nilai data di dalam sistem.Berisikan data flow diagram. DFD adalah suatu graph dimana nodenya menyatakan proses dan arcnya adalah aliran data.




Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar